Monday, August 16, 2010

Transformation

TRANSFORMATION


Pernah nonton film Transformer? Bagaimana, seru?

Apanya yang bikin seru??


Apakah saat mobil-mobil keren itu berubah menjadi robot-robot canggih dan tangguh seperti si ‘optimus prime’ atau ‘bumble-bee’, sehingga mampu memenangkan pertarungan?


Kira-kira begitulah....


No success is ever defined without self-transformation

Anda tidak akan berhasil jika Anda tidak mengubah diri Anda menjadi lebih baik.


Transform, secara kamus artinya adalah membuat seseorang atau sesuatu menjadi berbeda dan (biasanya) menjadi lebih baik, lebih menarik atau mudah digunakan.

Jadi, men-transform diri sendiri adalah memberikan nilai tambah kepada diri sendiri dan mengubah diri sendiri ke arah yang lebih baik.


Banyak tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan transformasi. Namun yang paling penting dan yang pertama-tama harus dilakukan adalah mentransformasi pikiran kita. Pikiran kita adalah mesin penggerak setiap tindakan kita.

Apa yang kita pikirkan, itulah yang biasanya kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus yakin bahwa kita memiliki pemikiran yang benar.


Perubahan kupu-kupu dari ulat adalah analog yang tepat proses transformasi.

Perubahan dari telur menjadi larva, dari larva menjadi pupa, sebelum akhirnya menjadi kupu-kupu dengan sayap warna warni yang indah.


Demikian juga self-transformation, perlu tahapan, perjuangan dan penuh tantangan.


Transformasi identik dengan perubahan. Dalam perubahan diperlukan energy dan waktu untuk membuatnya terjadi. Bahkan keharusan untuk meninggalkan zona nyaman (comfort zone), yang berarti harus meninggalkan cara berpikir dan bertindak yang tidak produktif. Perubahan biasanya terjadi karena dorongan dari luar.


Sedangkan transformasi akan terjadi kalau kita benar-benar menginginkannya terjadi. Memahami kondisi kita saat ini, dan mengetahui apa yang kita inginkan, adalah tahap awal untuk melakukan transformasi sebelum bertindak ke tahap yang lebih penting, yaitu komitmen.


Lebih dari itu, untuk bertransformasi, diperlukan usaha ekstra dan kegigihan dalam menghadapi tantangan-tantangan yang muncul, karena bertransformasi bukanlah hal yang mudah. Namun, hal-hal tersebut tidaklah perlu dikhawatirkan karena tantangan yang dihadapi akan membuat kita semakin kuat dan semakin dekat menghantarkan kita ke tujuan perjalanan transformasi kita.


Kalau kata Bon Jovi (seorang penyanyi rock dari manca negara) dalam salah satu lagunya

Snake bite is not my enemy, but it teach me how to fight


Kalau kita menemui hambatan, terjatuh dan bahkan terluka, bukan membuat kita berhenti, justru membuat kita belajar bagaimana menghadapi hambatan, agar tidak terjatuh dan terluka lagi. Dan semua itu diperlukan dorongan dari dalam diri sendiri.


Siapapun anda, apapun pekerjaan/ peran tugas anda, Anda dapat membuat “Transformasi” itu terjadi. Anda bahkan dapat menyaksikan diri anda bertransformasi, hal yang selama ini tidak terbayangkan oleh Anda.


Tentukan keputusannya sekarang!


Bila Anda merasa belum menggunakan sepenuhnya potensi Anda, sekaranglah saatnya...

Bila Anda belum melakukan sesuatu hal pun dalam hidup Anda, sekaranglah saatnya mengubah masa depan Anda...

Bila Anda belum tahu bagaimana memulainya, temukan seseorang yang Anda percayai telah melakukan sesuatu yang luar biasa dalam hidupnya... dan mintalah bantuannya...


Anda akan sukses bertransformasi kalau Anda benar-benar menginginkannya!


Salam,

Oktira Kirana

No comments: