Friday, March 19, 2010

Improvement 4 - Orientasi Pemecahan Masalah

Improvement 4 - Orientasi Pemecahan Masalah

"It doesn't matter how strong your opinions are. If you don't use your power for positive change, you are, indeed, part of the problem." -- Coretta Scott King

Alkisah ada sebuah perusahaan sepatu yang akan melakukan ekspansi ke suatu negara di Afrika. Direktur perusahaan sepatu tersebut memanggil dua orang salesmannya untuk melakukan survey. Direktur tersebut memanggil salesman pertama dan mengatakan rencananya untuk membuka pabrik sepatu di Afrika. Maka pada hari yang telah ditentukan, salesman pertama berangkat menuju Afrika. Sesampainya di Bandara di sebuah negara di Afrika, salesman pertama melihat bahwa semua orang di negera tersebut tidak memakai sepatu. Maka salesman pertama tersebut langsung pulang.
Salesman pertama mengatakan kepada direkturnya "Wah, percuma Pak kalau kita buka pabrik sepatu disana, ....karena semua orang di negara tersebut tidak memakai sepatu, jadi tidak akan ada yang beli sepatu kita....PERCUMA SAJA PAK!"

Sang Direktur merasa tidak puas mendengar penjelasan dari salesman pertama. Karena itu ia panggil salesman kedua untuk pergi ke negara di Afrika tersebut. Pada hari yang telah ditentukan salesman kedua berangkat menuju Afrika. Sesampainya di bandara, ia melihat hal yang sama seperti yang di lihat oleh salesman pertama. Ia melihat bahwa semua orang di negara tersebut ternyata tidak memakai sepatu.
Salesman kedua dengan sangat bersemangat langsung menelepon sang direktur, "Halo Pak....wah....LUAR BIASA SEKALI PAK....BAPAK HARUS SEGERA MEMBUKA PABRIK SEPATU DISINI....SEPATU KITA PASTI LAKU KERAS.......KARENA SEMUA ORANG DISINI TIDAK MEMAKAI SEPATU!!!!"

Dua orang melihat satu hal yang sama tetapi memiliki sikap yang berbeda sehingga hasilnyapun berbeda. SIKAP sangat penting dalam segala bidang kehidupan. Masalah tidak begitu penting tetapi BAGAIMANA KITA MENYIKAPI / BEREAKSI terhadap MASALAH tersebutlah yang terpenting.

Apakah Anda termasuk orang yang berorientasi menyalahkan atau si Pemecah Masalah?
Andalah yang lebih tahu...

No comments: