Tuesday, February 23, 2010

CAN DO Attitude

“CAN DO” attitude

Pernah dengar cerita “Telur Columbus”? Masih ingat ceritanya?
Berikut saya ceritakan kembali :

Columbus, seorang yang berhasil membuktikan bahwa bumi tidaklah datar seperti persangkaan orang, tidak ada tepi dunia berupa jurang yang dalam seperti dikhawatirkan banyak orang; Dia membawa bukti keberhasilannya pulang ke Spanyol.
Tentu saja banyak bangsawan yang iri dengan keberhasilan pelaut Italia ini. Banyak yang diam-diam mencemooh bahwa ekspedisi Columbus hanya biasa-biasa saja. Bahkan ada yang mengatakan bahwa, “Kalau hanya melakukan seperti itu, saya juga bisa...”

Keberhasilan Columbus ini dirayakan dengan makan malam bersama Raja Spanyol. Dalam kesempatan tersebut, Columbus menantang para bangsawan (terutama yang iri padanya atas keberhasilannya) dengan sebuah tantangan.
Columbus mengambil sebutir telur lalu berkata, “Siapa yang bisa membuat telur ini berdiri?”
Terbayang oleh anda telur yang berbentuk oval yang setiap kali kita letakkan di atas meja, cenderung menggelinding kan...

Beberapa orang mencoba membuat telur tersebut berdiri di atas meja, dan tentu saja gagal. Mereka mengatakan hal itu tidak mungkin. Setelah semua orang menyerah, Columbus menunjukkan solusi kreatifnya. Dia ketukkan ujung bawah telur ke meja sehingga retak. Hasilnya, telur tersebut bisa berdiri tanpa terguling (diatas kulit yang retak tersebut).

Dan hampir bersamaan, para bangsawan yang gagal dengan tantangan Columbus tersebut berkata, “Ah, kalau seperti itu, saya juga bisa....”

Lalu Columbus berkata kepada hadirin:
“Ini adalah hal penting sederhana di dunia. Setiap orang bisa melakukannya.....setelah ditunjukkan caranya!”


Kalau memang anda bisa melakukannya mengapa tidak anda lakukan sekarang?
Kalau anda menunggu orang lain melakukannya, baru kemudian anda berkata bisa, berarti anda hanya ‘merasa’ bisa.
Buktikan, atau orang lain akan melakukannya sebelum Anda....

No comments: